Deskripsi Lapangan Dan Bola Voli

dcBbpqhwgR.jpg
Pertadingan Proliga Putri 2016.

Dreamflann || Bola Voli – Siapa yang tidak tau tentang olahraga Bola Voli? Ya permainan yang bermain dimainkan oleh 6 orng ini adalah salah satu olahraga popular yang di idamkan oleh masyrakat Indonesia bahkan dunia, dalam melakukan sebuah permainan atau pertandingan bola voli tentunya ada beberapa Aspek atau ada beberapa hal yang hars di lengkapi. Seperti sahabat dreamflann tidak akan mampu menjalankan sebuah permainan atau pertandingan bola voli tanpa adanya bola voli ataupun lapangannya.

Sekilas kami akan memberikan penjelasan kepada kalian sahabat dreamflann tentang berapa itu panjang dan lebar dari lapangan bola voli, seberapa besar dari bentuk bola voli itu sendiri. Oleh karena itu mari kita simak penjelasan di bawah ini :

  1. Lapangan

Olahraga bola voli dimainkan di sebuah lapangan berbentuk persegi panjang. Seiring dengan semakin berkembangnya permainan Bola Voli maka aturan-aturan baru atau standar-standar baru tentang ukuran lapangan telah di tetapkan. Standar Internasional yntuk ukuran panjang lapangan voli adalah 18 meter, adapun lebarnya adalah 9 meter. Panjag lapangan bola voli tersebut di bagi dua dengan pengskat yaitu net di bagian tengah. Adapun net di sokong dengan dua tiang dan ketinggian net tersebut 2.43 meter atau 2.24 meter.

Pada bagian atas tiang biasanya di pasang sebuah antena. Antenna ini menjadi pembatas gerakan bola yang menyamping atau melebar. Adapun ukuran untuk net yaitu 2.43 untuk tinggi net permainan bola voli putra, sedangkan pada kelas putri ketinggian net 2.24 meter.meskipun eraturan sangat jelas tentang ketinggian net pada akompetisi-kompetisi kelas yunior atau veteran biasanya net bervariasi atau bisa di modifikasi sesuai dengan apa yang di sepakati oleh para pemain dan panitia penyelenggara.

gambar lapangan bola volli.gif

Dalam permainan bola voli sering terdengar istilah “garis 3 meter” dari net. Garis tersebut berfungsi sebagai batas bagi penyerang (Attack line). Dengan garis 3 meter tersebut kemudian membagi lapangan menjadi dua bagian, yaitu barisan belakang (back row) dan barisan depan (front row). Tidak cukup disitu pada masing-masing bagian front row dan back row masih di bagi menjadi 6 bagian, pada 6 bagian itulah poisis para pemain bermain. Area 1 merupakan posisi pemain yang akan melakukan service, setiap pergantian giliran untuk melakukan service  dan para pemain harus berputar searah jarum jamuntuk mendapat giliran mendapat service. Pemain pada posisi pertaa di gantikan oleh pemain kedua, yang menempati posisi pertama bergesesr ke posisi 6. Begitulah seterusnya.

Dalam sebuah pertandingan pasti ada yang bernama peraturan, istilah dari aturan lapangan bola voli terdapat istilah zona bebas, zona bebas inilah yang mengelilingi area tim. Para pemain dapat memasuki area bermain tersebut dengan bebas yang memiliki lebat minimal 3 meter tersebut dengan bebas itupun setelah salah seorang pemain sudah melakukan service.

  1. Bola

Sesuai dengan namanya, “Bola Voli”, maka bola merupakan salah satu perlengkapan yang paling vital dalam permainan ini. Bola standar yang digunakan dalam permainan bola voli ini biasanya terbuat dari bahan kulit. Selain dengan menggunakan bahan kulit asli, pembuatan bola biasanya juga menggunakan bahan kulit buatan. Bola tersebut kemudian diisi dengan udara (dipompa). Persyaratan bola yang standar ini sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh FIVB (Fédération Internationale de Volleyball), sebuah Federasi Bola Voli Internasional yang menangani hal-hal yang berhubungan dengan olahraga permainan bola voli.

Mikasa MVA300 VolleyBall.jpg

Selain menetapkan peraturan-peraturan permainan bola voli, FIVB juga mengatur penyelenggaraan pertandingan-pertandingan bola voli yang berskala internasional. FIVB berkantor pusat di Lausanne, Switzerland, dan mulai berdiri pada tahun 1947 di kota Paris, Prancis. Berikut ini adalah peraturan yang dikeluarkan oleh FIVB mengenai penggunaan bola standar dalam permainan bola voli:

  • Bola tersebut memiliki keliling lingkaran 65 hingga 67 cm, dengan berat 260 hingga 280 gram.
  • Tekanan dalam dari bola tersebut hendaknya sekitar 0.30 hingga 0.325 kg/cm2 (4.26-4.61 psi, 294.3-318.82 mbar atau hPa).
  • Bola tersebut memiliki keliling lingkaran 65 hingga 67 cm, dengan berat 260 hingga 280 gram.
  • Tekanan dalam dari bola tersebut hendaknya sekitar 0.30 hingga 0.325 kg/cm2 (4.26-4.61 psi, 294.3-318.82 mbar atau hPa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s